Drop cap,columns,header & footer,clip Art dan watermark,page Border, smart Art, footnote dan comment
• Cara Menggunakan Drop Cap
Cara Menggunakan Drop Cap - Drop Cap merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan hruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca.
Microsoft word mempunyai fasilitas untuk menangani hal ini dinamakan dengan Drop Cap. Tak hanya untuk artikel, Drop Cap juga bisa dimanfaatkan untuk surat kabar, undangan, atau untuk menampakkan huruf suatu bagian teks di awal bab atau awal lembaran kerja.
Pilih salah satu pilihan berikut :
• None, digunakan untuk megembalikan teks ke kondisi awal
• Dropped, digunakan untuk mengubah huruf pertama lebih besar berada dalam satu margin dibanding teks yang lainnya.
• In margin, digunakan untuk mengubah huruf pertama tercetak lebih besar berada di luar margin.
• Jika pilihan yang dipilih adalah Drop Cap Options, maka akan munculkotak dialog berikut :
• Pada kotak pilihan Position, pilih misal Dropped
• Klik OK.
Columns yaitu digunakan untuk membagi text menjadi beberapa bagian kolom yang biasanya kita lihat pada penulisan koran, majalah dan media cetak lainnya.
Berikut langkah-langkah dalam menggunakan Columns :
1. Sebelum membuat columns sebaiknya setelah semua artikel telah selesai ditulis, sehingga kita bisa seleksi text yang akan dibuat kolom dengan mudah.
2. Block/seleksi text yang akan dibuat kolom kemudian klik >>> tab Page Layout >>>
Page Setup kemudian>>> Columns
3. Klik tanda panah kebawah akan muncul beberapa pilihan : One (satu), dua, tiga kolom dst.
4. Klik salah satu misalnya Two (dua kolom) Maka hasilnya seperti contoh berikut :
5. Jika ingin membuat kolom sesuai kreasi sendiri bisa klik More Coloums
ket :
Presets :
Membuat jumlah kolom sesuai keinginan satu, dua, tiga.
Left yaitu membuat format kolom dengan dengan bagian kiri lebih kecil
Right yaitu membuat format kolom dengan dengan bagian kanan lebih kecil
Number of columns : Menentukan jumlah kolomWidth and spacing : Mengatur lebar kolom masing sesuai keinginan sebelumnya uncek equal column Widht
• Header
Header adalah sebuah perintah yang bisa digunakan untuk memberikan / menambahkan catatan kepala (bagian atas kertas). Biasanya perintah ini digunakan untuk naskah yang terdiri dari beberapa halaman yang terintegrasi isinya satu sama lain seperti proposal, karya tulis ilmiah, dan lain-lain.
• Footer
Footer adalah sebuah perintah yang bisa digunakan untuk memberikan / menambahkan catatan kaki (bagian bawah kertas).Biasanya perintah ini digunakan untuk naskah yang terdiri dari beberapa halaman yang terintegrasi isinya satu sama lain seperti proposal, karya tulis ilmiah, dan lain-lain.
Dengan fasilitas header & footer kita bisa menambahkan nomor halaman (page number), tanggal (date), dan waktu (time) yang bisa kita tempatkan di sebelah kiri (left), center (tengah), atau right (kanan) dari header atau footer yang kita buat.
Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
- Klik menu insert.
- dalam header & footer grup,klik header/footer.
• Tentukan design header atau footernya sesuai keinginan
• Clip Art & watermark
Di dalam mengelola dokumen Microsoft Office Word penambahan grafis sangat dimungkinkan sebagai penyempurna dan variasi dari dokumen tersebut, kita bisa memilih salah satu dari beberapa model grafis yang disediakan yaitu picture, Clip Art.
Selain menggunakan gambar, dokumen juga bisa kita tambah dengan Clip Art sebagaimana disediakan Microsoft Office Word. Penambahan Clip Art cukup membantu kita dalam memperindah tampilan dokumen, baik itu dokumen resmi maupun tidak resmi seperti undangan ulang tahun dan sebagainya.
Untuk menambahkan Clip Art pada dokumen, ikuti langkah-langkah berikut ini..
1. Siapkaniapkan dokumen yang akan di sisipkan clip art
2. Tempatkan kursor pada area di mana clip art akan di tambahkan
3. Klik tab Insert
4. Pada kelompok Illustrations klik Clip Art
5. Klik tombol Go ketika muncul taskpane/dialog Clip Art di bagian kanan
6. Tunggu beberapa menit sampai semua koleksi clip art ditampilkan.
7. Kemudian pilih dan klik clip art yang diinginkan atau
8. Klik insert untuk memasukkan ke dokumen.
Untuk melihat isi dari taskpane clip art secara keseluruhan klik scrool di sebelah kanan.
Watermark
sebuah objek baik tulisan, foto atau halaman situs kerap dijadikan tanda kepemilikan atau hak milik/cipta yang bertujuan mencegah klaim orang lain.
Tanda ini bisa dibuat secara bebas meski secara hukum Anda bukanlah pencetus atau penemunya. Caranya pun sangat mudah, terutama pembuatan watermark di dokumen Microsoft Word. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda langkah lengkapnya mulai dari watermark teks hingga gambar.
Membuat Watermark Teks
• Buka dokumen yang ingin diberi watermak, kemudian klik menu ribbon Page Layout – Watermark.
• Lalu pilih sendiri model watermark yang ingin Anda sematkan. Tapi, label watermark yang digunakan masih menggunakan label default. Bukan label nama atau nama usaha Anda.
• Untuk menampilkan watermark dengan nama atau brand, klik menu Custom Watermark.
• Pilih Text watermak dan ketik di kolom Text label yang Anda inginkan. Pilih ukuran dan juga jenis hurufnya jika dianggap perlu. Terakhir klik Apple – OK.
Membuat Watermark Bergambar
• Tak ada yang istimewa, Anda cukup mengulangi langkah di atas, klik Custom Watermark dankali ini pilih Picture watermark lalu klik Select Picture dan saat muncul jendela dialog baru, pilih gambar yang diinginkan.
• Page Border
Langkah-langkah:
1. Pada tab Page Layout (Word 2007 – 2010) atau tab Design(Word 2013 ke atas), Page Background grup, klik Page Borders.
2. Akan muncul Page Bordertab pada kotak dialog Borders and Shading.
3. Di bagian Setting, pilih bentuk bingkai yang diinginkan, misalnya:
1. Box: untuk membuat bingkai pada seluruh sisi halaman.
2. Shadow: untuk membuat bingkai dengan efek bayangan.
3. 3-D: untuk membuat bingkai dengan efek 3-D. Catatan: efek 3-D hanya bisa digunakan pada gaya garis tertentu saja.
4. Custom: untuk membuat bingkai pada sisi tertentu halaman. Caranya: di bagian Preview, klik tombol atas, bawah, kanan, atau kiri.
4. Buat pengaturan pada:
0. Style: untuk menentukan gaya garis bingkai.
1. Color: untuk menentukan warna garis bingkai.
2. Width: untuk menentukan ketebalan garis bingkai.
3. Art: untuk memilih bingkai yang artistik, misalnya gambar bintang, pohon, dan lain-lain.
5. Selanjutnya buat pengaturan pada Apply to:
0. Whole document: pilih pengaturan ini untuk memberi bingkai pada semua halaman dokumen.
1. This section: untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu.
2. This section – First page only: untuk memberi bingkai di halaman pertama section tertentu.
3. This section – All except first page: untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu kecuali halaman pertama.
6. Untuk merubah bingkai halaman: pada Page Layouttab, Page Background grup, klik Page Borders. Buat perubahan yang diinginkan pada Page Border tab.
7. Untuk menghapus bingkai halaman: pada Page Layouttab, Page Background grup, klik Page Borders. Untuk menghapus seluruhnya, di bagian Setting, klik None. Untuk menghapus sisi tertentu saja, klik tombol bingkai di bagian Preview.
• Smart Art
SmartArt adalah representasi visual informasi dan gagasan Anda. Anda membuatnya dengan memilih tata letak yang cocok dengan pesan Anda. Beberapa tata letak (seperti bagan organisasi dan diagram Venn) menggambarkan spesifik jenis informasi, saat orang lain hanya meningkatkan tampilan daftar berpoin.
Digabungkan dengan fitur lain seperti tema, Grafik SmartArt membantu Anda membuat ilustrasi berkualitas desainer hanya dengan beberapa klik mouse Anda.
• Footnote dan comment
Foot note merupakan catatan kaki yang terletak pada bagian akhir di halaman yang sama. Foot note berisi suatu keterangan, uraian atau referensi suatu kutipan. Foot note biasanya ditandai dengan angka pada akhir kalimat atau kata yang diberi footnote.
Untuk membuat foot note di Word 2010, dapat diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote.
2. Klik References kemudian klik Insert Footnote
Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut.
3. Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan.
4. Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut.
5. Lakukan hal yang sama untuk membuat footnote selanjutnya, dan secara otomatis nomor footnote juga akan berubah sesuai dengan urutan.
Untuk membuat suatu komentar pada sebuah berkas Microsoft Office Word 2010 sangat mudah sekali.Yakni tinggal masuk ke tab Review -> New Comment. Maka opsi memberikan komentar pada berkas tersebut sudah muncul dan tentu saja dapat kita gunakan.
Jika langkah diatas dilakukan untuk menandai suatu baris/paragraf pada berkas dokumen kita.
Lantas bagaimana agar dalam proses cetak dokumen, komentar yang telah kita buat tadi tidak ikut tercetak?
Yap, pada Tab "Review" -> "Tracking" -> hilangkan cawang pada "Comment" pada bagian "Show Markup". Dengan demikian komentar tidak akan ikut tercetak ketika kita melakukan cetak (print) dokumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar